RELASI ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN ETIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.56489/wehavd76Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Ilmu Sosial, Etika Siswa, Pendidikan Karakter.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relasi antara Ilmu Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Sosial dalam membentuk etika siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah Kota Bima. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembinaan karakter dan etika generasi muda melalui pendekatan multidisipliner. Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual, sementara Ilmu Sosial memberikan pemahaman mengenai dinamika masyarakat serta hubungan antarindividu dalam konteks sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara Ilmu Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Sosial berkontribusi signifikan terhadap pembentukan etika siswa, terutama dalam hal tanggung jawab, empati, dan kesadaran sosial. Kolaborasi kedua disiplin ilmu ini memperkuat internalisasi nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sinergi antara pendidikan agama dan sosial perlu terus dikembangkan untuk menciptakan peserta didik yang berakhlak mulia serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi.
Referensi
Alfian, Makhdar, Mhd Amin Hasibuan, and Ratonggi Ratonggi. “Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.” Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 1, no. 3 (2024): 219–36.
Ali, Muhamad Mauris Faruqi, Wawan Hermawan, and Cucu Surahman. “Relevansi Ajaran Fiqh Dalam Kitab Bidayatul Hidayah Bagi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 9, no. 2 (2024): 389–408.
Daryanto, Dwi, and Fetty Ernawati. “Integrasi Moral Dan Etika Dalam Pendidikan Agama Islam.” DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman 9, no. 1 (2024): 15–31.
Firdausiyah, Jannatul, and Ainur Rofiq Sofa. “Relevansi Al-Qur’an Dan Hadits Dalam Pembentukan Nilai Sosial, Etika Politik, Dan Pengambilan Keputusan Di Era Kontemporer: Kajian Terhadap Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial, Kebijakan Publik, Demokrasi, Kepemimpinan, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, Dan Teknologi.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 3, no. 1 (2025): 102–31.
Hayoko, Sapto. ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF, 2020.
Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 9 (2024): 462–69.
Maksum, Ali. Filsafat Ilmu Sosial. Universitas Brawijaya Press, 2023.
Maulidin, Syarif, Nurul Vazilatul Umayah, and Ulin Nuha. “Revitalisasi Pendidikan Karakter KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’Allim.” JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS) 3, no. 1 (2025): 301–15.
Mayasari, Annisa, and Opan Arifudin. “Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil) 1, no. 1 (2023): 47–59.
Muqoyyidin, Andik Wahyun, Isnanik Juni Fitriyah, and Fitria Rizqi Mardasari. “Integrasi Filsafat Pendidikan Islam Dan Ilmu Sains: Menggali Sinergi Dalam Pembentukan Karakter Dan Pemahaman Alam,” 2024.
Novita, Novita Nur Inayha. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (2023): 73–93.
Saputra, Eddy. “Integrasi Pembelajaran Sosial Emosial Pada Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 2 (2023): 13–22.
Siroj, Rusydi A, Win Afgani, Fatimah Fatimah, Dian Septaria, and Gebriella Zahira Salsabila. “Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 3 (2024): 11279–89.
Sofiani, Ika Kurnia, M Khairul Fadli, and Indra Wahyu Saputra. “Pembentukan Kepribadian Islami Dalam Pendidikan Agama Islam.” Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 2, no. 3 (2024): 299–306.
Syaefudin, Fahmi, and Maksudin Maksudin. “Mengaplikasikan Ilmu Sosial Profetik Dalam Pendidikan Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15, no. 1 (2023): 21–29.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bima Seha, Syafruddin Syafruddin, Randhita Missouri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.