STRATEGI PENGELOLAAN KELAS BAHASA INGGRIS SELAMA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Suaibatul Aslamiah

DOI:

https://doi.org/10.56489/fik.v3i2.44

Kata Kunci:

pengelolaan kelas, pembelajaran daring, pembelajaran bahasa Inggris

Abstrak

Pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat
penting khususnya pada saat ini. Untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan
dengan baik, guru mestinya mengetahui bagaimana strategi pengelolan kelas yang
baik dan benar. Jurnal ini membahas tentang bagaimana pengelolaan kelas, tujuan
pengelolaan kelas, prinsip pengelolaan kelas, strategi pengelolaan kelas selama
pandemi covid 19 dan strategi pengelolaan kelas bahasa inggris. Pengelolaan
kelas yang baik dapat meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran,
meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, serta memudahkan guru mengajar
yang lebih efektif, kreatif, variatif dan inovatif. Tujuan pengelolaan kelas
membangun semangat dan kreatifitas, mewujudkan situasi dan kondisi yang
kondusif, menyediakan dan mengatur fasilitas, membina dan membimbing siswa.
Prinsip pengelolaan kelas dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal peserta
didik, baik itu emosi, pikiran maupun perilaku. Selain itu, keluwesan, kehangatan,
ketertarikan, kreatifitas serta kedisiplinan guru. Strategi pengelolaan kelas selama
1 Dosen Tetap STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
43
pandemi covid 19 diantaranya pembiasaan dari belajar offline ke online kelas,
singkat, padat dan jelas, menggunakan PDF atau video tutorial, kelas diskusi,
kelompok dan kerjasama antara guru dan orang tua siswa. Strategi pengelolaan
kelas bahasa inggris yaitu bisa dengan menggunakan metode pembelajaran
edutaiment dan aplikasi quizziz, kahoot, dou lingo serta word puzzle.
Kata Kunci : pengelolaan kelas, pembelajaran daring, pembelajaran Bahasa
Inggris

Referensi

Daftar Pustaka
Aslamiah, Suaibatul, Kesulitan-Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa
Inggris, Jurnal Primearly: Jurnal Kajian Dasar dan Anak Usia Dini Vol. VI No. 2, 2020.
Bahrani, Manajemen Kelas PJJ pada Masa Pandemi Covid-19,
https://kaltim.tribunnews.com/2020/12/23/manajemen-kelas-pjj-pada-masa-pandemicovid-19, diakses pada 18 Juni 2020.
Carmelita Ome Leba, Maria dan Gita Widya Lakmini Soerjoatmodjo,
Manajemen Kelas Daring di Masa Pandemi, Buletin KPIN, Vol. 7 No. 1, 2021.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (edisi
revisi), Jakarta: Renika Cipta, 2016.
Hanifah Halim, Kreativitas Guru Bahasa Inggris dalam Menerapkan
Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19,
https://mudanews.com/pendidikan/2020/08/08/kreativitas-guru-bahasa-inggris-dalammenerapkan-pembelajaran-daring-selama-pandemi-covid-19/, diakses pada 15 Juni 2021.
Mashuri dan Enung Hasanah, Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19, Diglosia Vol. 4 No. 2, 2021.
Mulyasa, H E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Munawar, Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring
Peserta Didik SMAN 1 Kembang Tanjong, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Ar Raniry, 2021
Sunu, I Gusti Ketut Arya, Kepemimpinan Efektif Dalam Pengelolaan Kelas
Dengan Pembelajaran Daring, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol. 9
No. 1, 2021.
Syaifurrahman, Manajemen dalam Pembelajaran, Jakarta: PT Indeks, 2003.
Tim Kreasi dan Inovasi KPI, Jurus Sang Guru, The Power of Learning,
Surabaya, Kualita Mediatama. 2013.
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2002.
Yanti, Nova, Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas, Jurnal Pendidikan Al
Ishlah, Vol. 7 No.2 2015

Diterbitkan

2021-08-12

Cara Mengutip

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS BAHASA INGGRIS SELAMA PANDEMI COVID-19. (2021). FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 3(2), 42-57. https://doi.org/10.56489/fik.v3i2.44