ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAMPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.56489/17qgah42Kata Kunci:
Islamic Religious Education, Learning Model, Analysis, Learning Innovation.Abstrak
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI harus mampu memuat aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis berbagai model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI, seperti model ceramah, diskusi, problem based learning, dan project based learning. Analisis dilakukan berdasarkan efektivitas, kelebihan, kekurangan, serta relevansinya terhadap tujuan PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan yang variatif dan kontekstual lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam. Penggunaan model pembelajaran yang interaktif dan partisipatif sangat diperlukan untuk berkelanjutan dalam proses pembelajaran PAI.
Referensi
Ilham, Rasyid Ridho Harahap, Saipul Wakit, Yusuf Budi Prasetya Santosa, Setiawan Budi, Moh Sabir Abd Majid, Bernardus Widodo, Tetin Syarifah, Reina A. Hadikusumo, Frida Afryanti, Rifky Dora Wijayati, Chaterina Yeni Susilaningsih, Diah Arini, Choirus Sholihin, dan Mohamad Anas. PENGANTAR PENDIDIKAN. CV. Duta Sains Indonesia, 2024.
M.Pd.I, Dr H. Sukarji, dan Prof Dr Drs H. Munardji M.Ag. Ilmu Pendidikan Islam: Menyibak Intisari Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Kemajuan Bangsa Indonesia. Garudhawaca, 2024.
Nasarudin, Nasarudin, Denny Aulia Rachmawati, Mappanyompa Mappanyompa, Vivina Eprillison, Ahmad Muktamar B, Yuni Misrahayu, Halijah Halijah, dkk. Pengantar Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024.
Nh, Moch Ilham Sidik, dan Hendri Winata. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (18 Agustus 2016): 49–60. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262.
Pratiwi, Diah Eka, dan Mawardi Mawardi. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (April 2020): 288–94. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345.
Safithri, Resdiana, Syaiful Syaiful, dan Nizlel Huda. “Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (6 Maret 2021): 335–46. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.
Syarifuddin, Ahmad. “MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN,” no. 02 (2011).
“View of PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS.” Diakses 29 Mei 2025. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129/126.
Wirabumi, Ridwan. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) 1, no. 1 (20 Oktober 2020): 105–13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Amaliyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.