ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 4 BIMA

Penulis

  • Suci Ramadhani
  • Abdussahid Abdussahid
  • Nuraini Nuraini

DOI:

https://doi.org/10.56489/ksfz5890

Kata Kunci:

Sejarah Kebudayaan Islam, MIN 4 Bima, Youtube

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh temuan awal selama observasi, kemampuan siswa dalam memahami materi, terutama pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam yang di anggap masih kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran youtube sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang di sampaikan yang dapat di anggap valid menurut media serta praktis menurut pengguna. Penelitian menerapkan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, ipmlementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di MIN 4 Bima. Data di peroleh melalui observasi, dan wawancara. Hasil uji validasi media pembelajaran youtube yang di lakukan oleh para ahli dan pengguna menunjukkan bahwa rata rata hasil keseluruhan di nilai sangat valid dan sangat praktis, memotivasi guru dan siswa, serta cocok di gunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Dewi, Aliya Safana, and Gigit Mujianto. “Implementasi Teori Nativisme Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan.” Edukasi Lingua Sastra 22, no. 2 (2024): 139–53.

Firgiawan, Tegar, Mawar Gultom, Irvansyah Indra Prayoga, Marsum Guriadi, Septi Indriyani, Rizki Heni Muslimah, Talitha Hanin Zahlianti, Ramadhan Dyasluwita, Salsabila Putri Anandita, and Tri Andika Rahman. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBSIS DIGITAL. Cahya Ghani Recovery, 2024.

Hilda Fazriati, Ayu. “Eksistensi Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mata Pelajaran IPS Di SMAN1 Kota Bima.” UIN Mataram, 2023.

Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 9 (2024): 462–69.

Prasetio, Nugroho Eka. “Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Islami Siswa Kelas IX Di MTs Mathla’ul Anwar Jatiuwung Kota Tangerang.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

PRATAMA, ANDRIYAN N U R. “ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V,” n.d.

Romadhoni, Fitri, and Nurul Latifatul Inayati. “Pola E-Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.

Saripatuniah, Eva. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Levidio Storyboard Pada Materi Kimia Unsur,” 2022.

Sofian, Ahmad. “Metode Dakwah Ustad Rifky Ja’far Thalib Pada Akun Youtube Sayap Dakwah Tv (Studi Pesan Kajian ‘Rekonstruksi Dosa’).” Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif …, 2022.

Syahrin, Muhammad. “Penggunaan Media Aplikasi Notion Dalam Meningkatkan Hasil Belaljar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI SMK Negeri 1 Tutar.” IAIN Parepare, 2023.

Teguh, M Teguh Saefuddin, Tia Norma Wulan, and Dase Erwin Juansah. “Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 3 (2023): 5962–74.

Zuhra, Cut Mulia, Muslem Daud, Cut Faizah, Nora Fitria, and Yeni Yanti. Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal Sabang Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. MEGA PRESS NUSANTARA, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-23

Cara Mengutip

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 4 BIMA. (2025). FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(4), 1160-1174. https://doi.org/10.56489/ksfz5890