PERAN ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 LOA JANAN ILIR SAMARINDA

Authors

  • Heriman Heriman
  • Azainil Azainil
  • Haeruddin Haeruddin
  • Muhammad Ramli Buhari

DOI:

https://doi.org/10.56489/qe4war64

Keywords:

Administrasi Sekolah, Mutu Pendidikan, Strategi Pendidikan

Abstract

This study aims to describe the role of school administration in improving the quality of education at State Elementary School 007 Loa Janan Ilir, Samarinda. Using a descriptive qualitative approach with data collected through observation, interviews, and documentation, the research reveals that school administration plays a vital role in planning educational programs, managing resources efficiently, and monitoring as well as evaluating the learning process. These efforts have positively contributed to the improvement of education quality, as evidenced by increased student achievement, discipline, and school community engagement. The study concludes that strengthening school administration is a strategic factor in enhancing the quality of education at the elementary school level.

References

Fakhruddin, Zulfah, Amzah Selle, dan Nur Fadillah Nurchalis. “Technology-Based Teaching Material Development Training for Pre-Service Teachers to Improve Students’ Learning Outcomes.” NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching 10, no. 1 (2019): 87–102.

Falah, Asep Saeful, MM SE, Adi Robith Setiana, dan MM SE. Sistem Informasi Manajemen Keuangan: Implementasi dan Pengelolaan. Takaza Innovatix Labs, 2024.

Handoko, Yudo, Hansein Arif Wijaya, dan Agus Lestari. Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Isma, Andika, Adi Isma, Aswan Isma, dan Ardian Isma. “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Terapan, 2023, 11–28.

Karmila, Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M. Nur Atdeni Sadikin, dan Kautsar Eka Wardhana. “Diskriminasi pendidikan di Indonesia.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2021): 191–203.

Kusumawati, Intan, Nana Citrawati Lestari, Chintani Sihombing, Felisia Purnawanti, Dian Wahyu P. Soemarsono, La Kamadi, Ricardo Valentino Latuheru, dan Suriah Hanafi. Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika, 2023.

Malik, Novi Nur, dan Kautsar Eka Wardhana. “Peran Kepemimpinan Dalam Penerapan Tiga Aspek Manajemen Satu Menit (Pujian, Teguran Dan Permintaan Maaf) di MI Darussalam Samarinda.” Journal of Sustainable Transformation 3, no. 01 (2024): 57–64.

Mukhlis, Mukhlis, Ahyar Rasyidi, Husna Husna, Ahmad Nabriz, dan Ahmad Fauzan Akbar. “Tujuan pendidikan Islam: Dunia, akhirat dan pembentukan karakter Muslim dalam membentuk individu yang berakhlak dan berkontribusi positif.” AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2024, 1–20.

Nugroho, Adi, Syifa Fauziah, Loso Judijanto, dan Sulaiman Sulaiman. Strategi Manajemen Kependidikan : Meningkatkan Kinerja Karyawan dalam Lingkungan Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Pohan, Muhammad Munawir. “HAKEKAT ADMINISTRASI DAN SUPERVISI SEBAGAI SALAH SATU UNSUR PENGEMBANG SUMBER DAYA PENDIDIKAN.” Educational Journal of the Emerging World (EJEW) 3, no. 1 (28 Juni 2024): 1–9.

Prayoga, Fatkhul Ibnu, Nisaul Masruroh, dan Nur Vina Safitri. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 7, no. 3 (18 Agustus 2024). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91633.

Ridho, Ahmad, Kautsar Eka Wardhana, Ayu Sasadila Yuliana, Ikhwan Nuur Qolby, dan Zalwana Zalwana. “Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7, no. 3 (2022): 195–213.

Siregar, Nur Haizah. “Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 1, no. 1 (28 Maret 2020): 38. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4454.

Sugihen, Bahrein T. Pengendalian Masalah Sosial Melalui Kearifan Lokal. Syiah Kuala University Press, 2015.

Sulfemi, Wahyu. “PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SMA NEGERI PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR.” OSF, 21 Juni 2020. https://doi.org/10.35542/osf.io/p2fae.

Suryadi, Fathurrahman, Muhammad Habib Pasaribu, Aqbil Daffa Siahaan, Ahmad Sabri, dan Yusran Lubis. “Peran Manajemen Pendidikan Dalam Mewujudkan Sekolah Berkualitas.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 3, no. 4 (22 Oktober 2024): 92–107. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i4.2617.

Wakit, Saipul. “TUJUAN PENDIDIKAN.” PENGANTAR PENDIDIKAN, 2024, 10.

Wardhana, Kautsar Eka, Andri Tria Raharja, Desy Sukma Risalahwati, Fathan Rizki Maulana, dan Wildan Rahimi. “Pelatihan Microsoft Office Guna Menunjang Kinerja dan Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru PIAUD, TK dan SD di Desa Loa Kulu Kota.” SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 93–101.

Wijayanti, Anti, Ari Wawan Darmawan, dan Iis Marwan. “Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Indonesia: Kesenjangan Pendidikan.” Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 3 (2024): 187–92.

Winarti, Endah. “Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, no. 1 (30 Juni 2018): 1–26.

Published

2025-09-23

How to Cite

PERAN ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 LOA JANAN ILIR SAMARINDA. (2025). FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(4), 1377-1396. https://doi.org/10.56489/qe4war64