IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 4 KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.56489/ys0sqb36Kata Kunci:
Model Problem Based Learning (PBL), peningkatan kemampuan berpikir kritisAbstrak
Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di SMAN 4 Kota Bima bahwa model Problem Based Learning (PBL) telah diimplementasikan oleh guru PAI (Pendidikan Agama Islam) pada saat proses pembelajaran guna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Akan tetapi sebagian dari siswa masih ada yang kurang mampu dalam berpikir kritis karena daya pemahamannya yang berbeda. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji terkait implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI, serta mengidentifikasi faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 4 Kota Bima. Pada penelitian ini data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode berdasarkan teori Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) telah diimplementasikan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) khususnya pada materi kenakalan remaja, dimana dalam proses belajar mengajar guru hanya menjadi fasilitator dan siswa diberikan ruang untuk mencari sendiri masalah serta jawaban yang berkaitan dengan materi pembelajaran melalui proses diskusi, tujuannya agar siswa dapat berpikir secara kritis dan juga menggali pemahamannya sendiri.
Referensi
Adawiyah, Fatniaton. “Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 78.
Ainiyah, Qurrotul, Noor Fatikah, and Eka Yuyun Faris Daniati. “Konsep Implementasi Pembelajaran Tafsir Amaly Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Ayat Tentang Fikih.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2022): 75.
Alfurqan, and Khairara. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 14, no. 1 (2023): 2–3.
Aliyah, Riza Nur, An An Andari, and Suci Hartati. “EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNGGULAN DARUSY SYAFA ’ AH KOTAGAJAH KECAMATAN KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan 01, no. 01 (2022): 374.
Dinanita Mu’alifatul Uyyun, Toha Makhshun, Moh.Farhan. “Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Daya Berfikir Kritis Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2024, 76.
Hanafi, Imam, and Hosaini. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SMK 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024.” Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam 3, no. 1 (2024): 28.
Maria A. Purwaningtyas, Dewi Lestari, Muhammad ZId, Oot Hotimah. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Penggunaan Virtual Reality Berbasis MilleaLab Sebagai Media Pembelajaran Geografi (Materi Fenomena Geosfer).” Jurnal Pendidikan Indonesia 5, no. 6 (2024): 202–3.
Nurbarkati, Syarifah. “Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Berwudhu SD Negeri 109 Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 2, no. 2 (2022): 937.
Permata, Ahadia Audi, Edy Muslimin, and Yetty Faridatul Ulfah. “Implementasi Menejemen Operasional Rumah Tahfidz Ummu Salamah Ngantang Malang Jawa Timur Tahun 2022.” Jurnal Ilmiah Hopitality 12, no. 1 (2023): 40.
Samsul Hadi. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mipa-2 SMA Negeri 1 Way Serdang Tahun Pelajaran 2018-2019.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 3 (2021): 376.
Wahidah. “Urgensi Pendidikan Berbasis Fitrah.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2019): 586.
Yuli Eviyanti. “Pembelajaran Berbasis Masalah: Suatu Langkah Manajemen Pembelajaran Dalam Menggali Kreativitas Belajar.” Jurnal Manajeman Dakwah 2, no. 2 (2020): 391.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anisa Hidayati, Ruslan Ruslan, Ihlas Ihlas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.