TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN PAI: PERAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56489/fik.v7i2.349Kata Kunci:
Transformasi Digital, Blended Learning, Pembelajaran PAI, Hasil Belajar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model blended learning terhadap hasil belajar PAI siswa kelas 5 SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, sementara implementasi blended learning di sekolah tersebut belum optimal. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test pada 56 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan regresi linear. Hasil uji validitas menunjukkan 53 soal valid dari 60 soal, dengan reliabilitas variabel X (0,835) dan Y (0,858), mengindikasikan instrumen penelitian yang andal. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan rata-rata nilai PAI siswa menjadi 80,357. Uji normalitas dan homogenitas membuktikan data terdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan paired sample t-test menghasilkan Sig. (2-tailed) = 0,000 (< 0,05), menandakan pengaruh signifikan. Sementara itu, analisis regresi linear menunjukkan koefisien determinasi (R²) 0,446, artinya 44,6% peningkatan hasil belajar PAI dipengaruhi oleh blended learning. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa blended learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa. Implikasinya, model ini dapat dioptimalkan sebagai strategi pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Rekomendasi bagi guru dan pihak sekolah adalah meningkatkan pelatihan teknologi serta penyediaan infrastruktur pendukung untuk memaksimalkan efektivitas blended learning.
Referensi
Aditia Rachman, Yusep Sukrawan, dan Dedi Rohendi, “Penerapan Model Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi”, dalam Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6. No. 2, 2019, h. 151.
Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan dilengkapi Contohnya, (Yogyakarta: Deepublish, 2021), h. 29.
Akhbar Galang M, Wahyuni Suryaningtiyas, Febriana Kristanti, “Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMPN 38 Surabaya, dalam Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol. 1, No. 1, 2016, h. 19.
Fendika Prasetiyo, Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan kelas V di SDN Sepanjang 2, (Surakarta, CV KEKATA GROUP, 2019).
Gede Sandi, “ Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 3, Jilid 45, 2012, h. 249.
Hadion Wijoyo, dkk, Blended Learning Suatu Panduan, (Solok: Insan Cendikia Mandiri, 2020).
Kharisma Afanda Puspita, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 1, 2023, h. 96.
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 2003).
Maesaroh, “Pengaruh Blended Learning terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS Negeri 12 Majalengka”, dalam Jurnal Ilmiah Kajian Islam, No. 2, Vol. 4, 2020.
Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Deepublish, 2018).
Ni Komang Susmariani, I Wayan Widiana dan I Nyoman Rasmen Adi, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar”, dalam Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 9, No. 1, 2022, h. 238.
S. Nasution, Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Siti Ambarli, Zulfiati Syahrial, Mochammad Sukardjo, “Pengaruh Model Blended Learning Rotasi dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar IPA di SMP”, dalam Jurnal Visipena, Vol. 11, No. 1, 2020, h. 30.
Siti Farhatus Tsaniyah, Hena Dian Ayu, dan Hestiningtyas, “Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Schoology terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemandirian Belajar Ssiwa”, dalam Jurnal Terapan Sains & Teknologi, Vol.1, No. 1, 2019, h. 75.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017).
Sulihin B. Sjukur, “Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK”, dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3, 2012, h. 376.
Taufik Mukmin, “Urgensi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Alaq ayat 1-5 Menurut Tafsir Ibnu Katsir”, dalam Jurnal el-Ghiroh, No. 02, Vol. XI, 2016, h. 14.
Yunika Lestaria Ningsih, Misdalina, dan Marhamah, “Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning”, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, 2017, h. 162.