SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI FINLANDIA (Tantangan dan Peluang Pendidikan)
DOI:
https://doi.org/10.56489/fik.v7i1.251Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Finlandia, MultikulturalAbstrak
Integrasi pendidikan berbasis agama ke dalam sistem pendidikan nasional yang sekuler dan berkualitas tinggi di Finlandia menunjukkan integrasi yang khas dari pendidikan Islam di negara ini. Studi ini memeriksa beberapa aspek pendidikan Islam di Finlandia, termasuk kerangka organisasi sekolah Islam, yang terdiri dari lembaga swasta dan semi-privasi, serta kurikulum yang harmonis yang menggabungkan prinsip-prinsip Islam dengan referensi ke pendidikan Finlandia. Sekolah-sekolah Islam di Finlandia telah berhasil menangani masalah yang berkaitan dengan alokasi sumber daya, integrasi sosial, dan modifikasi kurikulum, sambil memastikan bahwa pendidikan yang mereka berikan tidak hanya memenuhi persyaratan akademik tetapi juga mempertahankan identitas keagamaan siswa. Jalan-jalan yang menjanjikan untuk memajukan pendidikan Islam termasuk mendorong kolaborasi antar agama untuk meningkatkan diskursus sosial dan memanfaatkan teknologi untuk mendorong inovasi pendidikan. Studi ini menekankan peran pendidikan Islam di Finlandia dalam mempromosikan pertumbuhan siswa Muslim dan mendorong pemahaman dan toleransi lintas budaya. Ini memberikan pengetahuan berharga kepada bangsa-bangsa lain tentang bagaimana menangani pendidikan agama dalam budaya yang heterogen.
Referensi
Daud, Ridhwan M. “Sistem pendidikan Finlandia suatu alternatif sistem pendidikan Aceh.” A-Raniry, 2020, 21–36.
Dr. Agus Pahrudin, M.Pd, Ph.D Syafrimen, M. Ed, dan M.Pd.I Heru Juabdin Sada. Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural: Perjumpaan Berbagai Etnis Dan Budaya. r Lampung selatan: Pustaka Ali Imron, 2017.http://repository.radenintan.ac.id/11439/1/Buku PAI Multikultural.pdf.
Fitria, Eni. “Komparasi Sistem Pendidikan Finlandia dan Singapura Studi dalam Meningkatkan Reputasi Sistem Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Genesis Indonesia (JGI) 3, no. 1 (2024): 34–48. https://doi.org/10.56741/jgi.v3i01.501.
Hutagaluh, Oskar. “Pendidikan Di Finlandia: Kemajuan dan Contoh untuk Indonesia.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL) 2, no. 4 (2022): 188–98.
Indriya, Indriya, Indrayanto Indrayanto, dan Saiful Falah. “TELAAH PENDIDIKAN ISLAM DI RUSIA DAN INDONESIA (Pengaruh Sejarah Pendidikan Islam di Rusia dan Indonesia Terhadap Perkembangan Islam).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 01 (2021): 263. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.955.
Kosim, Mohammad. “Belajar dari negara tetangga; Catatan wisata ilmiah ke Singapura.” Karsa: Journal of Social and Islamic Culture 18, no. 2 (2010): 96–113.
Mohamad Usman, Muhamad Iqbal, Alfian Fahmi Salam, Asep Moch Saepuddin. “Comparison of Teacher Quality Management in Singapore, Finland and Indonesia.” Edulead: Journal of Education Management 4, no. 2 (2022): 35–44.
Muslim, Abd. Qadir, I Gede Sedana Suci, dan Muhammad Rizki Pratama. “Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2021): 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827.
Putra, Andika Kelana. “Resistensi Finlandia terhadap Global Educational Reform Movement.” Tim Pengembangan Jurnal Universitas Airlangga 4, no. 1 (2015): 1393–1421. http://journal.unair.ac.id/downloadfull/JAHI8813-b1e79fe631fullabstract.pdf.
Putra, Irdhan Epria Darma, Rusdinal Rusdinal, Azwar Ananda, dan Nurhizrah Gistituati. “Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Finlandia.” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 7437–48.
Putri, Shanas Septina, Lucia Tiodora, dan Anis Sukmawati. “Pendidikan Multikultural dalam Usaha Meningkatkan Kesadaran HAM di Sekolah.” Ahkam 2, no. 2 (2023): 419–30. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i2.1237.
Sari, Kurnia Puspita, dan Taufina. “SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 1 Juni 2020.” Validitas Lkpd Berbasis Rme Untuk Siswa Sekolah Dasar 10, no. 1 (2020): 37–42.
Sistem, Dalam, Pendidikan Nasional, Finlandia Fnes, Ahmad Nurul Kawakip, Moh Asrori, M Ag, Moch Khafidz, et al. Framework Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Finlandia. Malang: Kementerian Agama Ri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2023. https://core.ac.uk/download/pdf/592618042.pdf.
Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, dan Wahyuning Tri Mardiyanti. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1, no. 2 (2023): 140–56. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i2.7256.
Syauqii, Fachri. “Islamofobia dan Turkofobia di Eropa: Studi Kasus Pembakaran Al-Quran Oleh Rasmus Paludan.” Islam & Contemporary Issues 3, no. 2 (2023): 65–69. https://doi.org/10.57251/ici.v3i2.1127.
Teori, Kajian, Dan Hasil, Penelitian Pendidikan, Sekolah Dasar, Himami Absawati, dan Riwayat Artikel. “Jurnal Elementary Telaah Sistem Pendidikan Di Finlandia : Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia Jenjang Sekolah Dasar Info Artikel Abstrak” 3, no. 2 (2020): 64–70. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2136.
Tjalla, Awaluddin. “Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari.” Temu Ilmiah Nasional Guru II, no. 3 (2010): 1–22. http://www.webometrics.info/top100_continent.asp?cont=asia.
Yahya. “Cendikia pendidikan.” Cendekia Pendidikan 3, no. 6 (2024): 101–12.