STRATEGI MANAJEMEN SYARIAH DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL DAN MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR DI SAMARINDA (STUDI KASUS PADA PERUMAHAN SHARINATA CITY)

Penulis

  • Kokom Komariah

DOI:

https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.300

Kata Kunci:

Strategi Manajemen Syariah, Menghadapi Era Digital, Persaingan Pasar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen syariah dalam menghadapi era digital dalam memenangkan persaingan pasar, dengan menerapkan empat strategi tersebut yaitu: 1. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh menggunakan strategi manajemen syariah bisa memenangkan persaingan pasar. 2. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh melakukan kolaborasi dengan bisnis-bisnis baru yang sudah berkembang atau mulai tumbuh di pasa dengan menggunakan teknologi sesuai dengan era digital, akan memenangkan persaingan pasar. 3. Untuk mengetahui dengan melatih semua jajaran eksekutif untuk memehami makna disruption(gangguan) dan membongkar pola pikir (maindset) mereka, akan menjamin perusahaan tetap exsis dan bisa bersaing dipasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan melalui data-data yang bersifat deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil Penelitian Setelah mempertimbangkan prosedur analisi SWOT maka strategi Perusahaan PerumahanSharinata City Samarinda dengan mempertimbangkan analisa adalah: Mengoptimalkan Pelayanan yang ada untuk menjaring dan menarik konsumen/costumer untuk bergabung dan memiliki hunian dan investasi-investasi lainnya yang berbasis syariah di Perusahaan perumahan syariah sharinata City Samarinda, Meningkatkan sosialisasi pada masyarakat kesemua segmen pada masyarakat, Memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengenalkan produk-produknya kepada Konsumen/costumer. terjemahkan ke bahasa inggris dengan baik dan benar

Referensi

At-Tawassuth, Vol.2, No. 1, 2017: 211-234

Al Ries dan Hermawan Kertajaya, 1977, Fokus, masa depan perusahaan anda ditentukan oleh fokus, Edisi Ketiga, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Ali Muhammad Taufik, 2004, Prkatik Manajemen Berbasis Al-Qur’an , Jakarta: Gema Insani

Berry, L, and Parasuraman. 1991. Marketing Service Competing Through Quality. New York: The Free Press.

Bilson Simamora, 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Firmanzah , 2012.Pemasaran Politik, Antara Pemahaman dan Realita. Jakarta: yayasan Obor Indonesia Kotler, Philip, dk.2010. Pemasaran 3.0. jakarta: Erlangga.

Handayani, R, Yermias T. K., dan Ratminto. 2003. “Analisis Kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Sosiosains, Volume 17 Nomor 2, April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM. Yogyakarta.

Hadrari nawawi, 1983, Administrasi Pendidikan, Jakarta : PT Gunung Agung

Harahap, isnaini. Dkk.2015. Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, Saidurrahman.2016. Hukum Islam dalam Hukum Nasional” dalam Politik Islam Ala Indonesia: Kumpulan Essay Politik. Medan: Perdana Publising.

Husaini usman, 2003, Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Husain Umar, Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, (Jakarta: Gramedia, 2000)

Kasali, Rhenald. Disruption. Gramedia:Jakarta,2017

Malhotra , Naresh k. Marketing Reseach An Applied Orientation. Second edition, ( Prentice-hall International, Inc. New Yersey, 1983)

Mariono dkk.2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Ditama

Nanang fatah,2008, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prof. Dr. H. Engkoswara Dan Dr. Hj. Aan Komariah, M.pd.2012, Administrasi Pendidikan, Bandung: ALFABETA(Prentice –Hall International. Inc, New Yersey, 1983)

Porter, Michael.2000. Strategi Bersaing. Erlangga: Jakarta.

Ramayulis,2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Syafiie, Kencana. INU, Drs.1993. Manajemen Indonesia. PT. Rieneka Cipta: Jakarta.

www.PwC.com/structure-for-futher-details. https://konsultansi.wordress.com

http://pendapatangirsang.blongspot.co.id/2012/12/kelemahan-dan-kaunggulan-sistem.html

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

STRATEGI MANAJEMEN SYARIAH DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL DAN MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR DI SAMARINDA (STUDI KASUS PADA PERUMAHAN SHARINATA CITY). (2024). FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 6(2), 177-196. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.300