INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM TEORI PERKEMBANGAN KARIER ANAK MENURUT DONALD EDWIN SUPER
DOI:
https://doi.org/10.56489/82tv4d15Keywords:
Nilai-nilai Islam, teori perkembangan Donal Edwin SuperAbstract
Teori Super menekankan pentingnya tahapan perkembangan karier yang dipengaruhi oleh faktor personal, sosial, dan pengalaman hidup, dengan fokus pada konsep "diri" (self-concept) yang berkembang seiring waktu. Dalam perspektif Islam, pendidikan dan pengembangan karier anak dipandu oleh nilai-nilai tauhid, amanah, ikhtiar, dan tanggung jawab sosial. Artikel ini bertujuan untuk mengintegrasikan teori perkembangan karier anak menurut Donald Edwin Super dengan nilai-nilai Islam, melalui pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian pustaka (literature review). Artikel ini menelaah kesesuaian antara tahapan-tahapan perkembangan karier menurut Super seperti tahap pertumbuhan, eksplorasi, dan pembentukan identitas karier dengan prinsip-prinsip Islam dalam membentuk kepribadian dan arah hidup anak sejak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi keduanya dapat memperkuat dasar pembentukan karier anak secara holistik, tidak hanya dari aspek psikologis dan sosiologis, tetapi juga spiritual. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidik dan orang tua mengadopsi pendekatan integratif ini dalam proses bimbingan karier anak sejak dini.
References
Al Qur’an
Dewa Ketut Sukardi, Pendekatan Konseling Karir di Dalam Bimbingan Karir Suatu Pendahuluan, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1989). Hal. 20-22
Asiah, Violina, E. I., & Mawaddah, S. (2022). Buku Ajar Konseling Karir. In Eureka Media Aksara (Issue 225). Eureka Media Press.
Fitriyani, N., Handayani, R., Putri, D. T., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Pelayanan Bimbingan Karir Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(65), 7795–7808. http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/720
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Indonesia (C. Wijaya (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Lillah, D. (2023). Konsep Pendidikan Karir Dalam Islam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. SHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14298
Maslikhah, Hapsyah, D. R., Jabbar, A. A., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Layanan BK Karir di SMK. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(64), 7661–7680.
Mutiara, A., & Astuti, B. (2022). The Effectiveness of Donald Super Career Counseling in Increasing Student Self Efficacy and Career Commitment. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 58. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v10i2.20921
Nasution, L. A., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Pendekatan Theory Super Life Span. SCHOULID: Indonesian Journal of School …, 6(2), 88–94.
Putra, B. J. (2021). Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.296
Roqib, M. (2009). ilmu pendidikan Islam (I). LKiS Yogyakarta.
Sharf, R. (2014). Applying Career Development Theory to Counseling (six editio). Jon-David-Hague.
Syam, S., Hasbi, I., Yuhanah, & Utami, A. D. (2021). Karier (A. Masruroh (ed.)). Widina Bakti Persada.
Tarsidi, D. (2007). Teori Perkembangan Karir Diintisarikan dari Zunker, Vernon G. (1986). Career Counseling: Applied Concepts of Life Planning. 1–31.
Usman, Sumaila, M., Nurhilaliyah, & Bahraeni. (2023). MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Firman (ed.)). Lembaga Ladang Kata. www.cetakbukumurah.id
Wardani, S. Y., Sholkhah, L. D., Purwanta, E., & Astuti, B. (2023). Kajian Bimbingan dan Konseling Karier (S. Y. Wardani (ed.); Issue 85). Unipms Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nora Rustianti, Rafiatul Mahmudah, Masril Masril

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.